Search

Sisi Lain Baluran, dari Pantai Bama sampai 'Bird Watching'

Sisi Lain Baluran, dari Pantai Bama sampai 'Bird Watching'

Banyuwangi, CNN Indonesia -- Taman Nasional Baluran bukan cuma terkenal dengan Sabana Bekol-nya saja. Pantai Bama juga menjadi objek wisata populer di sana.

Pantai Bama berpasir putih, berair jernih, dan berombak tenang. Tak hanya penjelajah hutan yang terlihat datang ke sini. Rombongan keluarga atau turis berpasangan juga menjadikan pantai ini tempat rekreasi.

Keunikan Pantai Bama ditambah dengan tingkah polah kawanan monyet liar di pinggir pantai.


Sisi Lain Baluran, dari Pantai Bama sampai 'Bird Watching'Pantai Bama. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)

Pantai ini memiliki spot foto yang menarik. Salah satunya di dua buah ayunan yang berdiri di tepi pantai. Tak hanya itu, ada pula sebuah jembatan kecil di hutan mangrove yang bisa dijadikan pilihan lagi untuk tempat berfoto.

Di dekat situ, juga ada sebuah warung makan yang bisa membantu kita udah mengisi perut jika rasa lapar datang. Menu yang disajikan pun beragam, mulai dari nasi tempong, pecel ayam, nasi goreng, dan sebagainya.

Jika sudah membawa bekal sendiri, bisa tinggal menggelar tikar di sebuah pendopo tak terpakai yang ada di pantai itu. Tapi ingat, kita harus mewaspadai pergerakan para monyet yang selalu siap mencuri makanan-makanan kita.

Di sebelahnya warung terdapat hutan mangrove yang tak kalah indahnya. Untuk ke sana, kita tinggal menyusuri jalan yang memang sudah dibuat jalurnya.

Nantinya, kita bakal sampai di sebuah jembatan yang terbuat dari cor semen. Dulunya, jembatan itu terbuat dari kayu, tapi kini sudah diganti dengan semen.

Di samping kanan kiri jembatan, kita bisa melihat dengan jelas betapa kokohnya akar pohon mangrove yang tumbuh di sana.

Jika menyusuri jembatan itu hingga ujung, kita akan sampai di sebuah gazebo kecil. Dari situ, kita bisa menikmati pemandangan laut lepas yang indah. Apalagi, airnya terlihat biru dan cukup bersih.

Sisi Lain Baluran, dari Pantai Bama sampai 'Bird Watching'Hutan bakau di Taman Nasional Baluran. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)

Masih ada keindahan lain yang ditawarkan oleh Baluran. Yakni pengalaman melakukan pengamatan burung atau bird watching.

Untuk bisa melakukan bird watching bisa dilakukan di bird watching trail. Akses ke lokasi ini pun dekat dengan Pantai Bama.

Namun, sebenarnya tak perlu di lokasi itu untuk bisa melakukannya. Di sepanjang jalan selama menelusuri luasnya Baluran, kita juga bisa melakukan bird watching.

Bagi para pengamat burung, Baluran menjadi salah satu destinasi untuk melakukan pengamatan. Terutama untuk burung-burung endemik yang hanya hidup di daerah Banyuwangi saja.

Beberapa jenis burung yang ada di Baluran, antara lain elang ular, kapasan kemiri, pelatuk, srigunting, jalak putih, dan sebagainya.

Untuk bisa menikmati pengalaman melakukan bird watching, tentu kita memerlukan binocular. Pasalnya, jika kita hanya melihat dengan mata telanjang saja tentunya akan cukup kesulitan, apalagi bagi para pemula.

Melakukan bird watching mungkin bisa menjadi sebuah pengalaman unik yang patut dicoba saat menyambangi Baluran.

Tak hanya keelokan padang rumputnya, tapi Taman Nasional Baluran juga punya sisi lain yang bisa dijelajahi.

(ard)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sisi Lain Baluran, dari Pantai Bama sampai 'Bird Watching'"

Post a Comment

Powered by Blogger.