Search

PR Kesehatan untuk Menteri Terawan dari Nila Moeloek

PR Kesehatan untuk Menteri Terawan dari Nila Moeloek

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengangkat dr Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Terawan menggantikan Nila Moeloek sebagai Menteri Kesehatan RI.

Proses serah terima jabatan sebagai Menkes akan dilakukan pada Kamis (24/10) di Gedung Kementerian Kesehatan pada pukul 18.30 WIB.

Meski tak lagi menjadi Menteri Kesehatan RI, Nila berharap Menteri yang baru akan melanjutkan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISKP).

"PISPK itu setiap rumah kami (tenaga kesehatan di Puskesmas) datangi, kita lihat kondisi kesehatannya. Ini adalah deteksi dini, kalau diketahui sakitnya apa kemudian tahu untuk pencegahannya. Jangan sampai dia (warga yang sakit) jatuh ke penyakit berat. Pendataan PISPK sudah di seluruh Indonesia. Jadi saya kira memang PISPK ini harus dilanjutkan, kalau saya minta ini harus dilanjutkan dan SDM nya juga harus berkualitas,'' ucap Nila dikutip dari laman Kemenkes.


''Saya mengharapkan PISPK ini harus dilanjutkan, ini adalah gate keeper. Saya yakin banyak masyarakat yang kurang paham kesehatan, artinya informasi kesehatan harus masuk sampai masyarakat."

Nila menambahkan, masih ada PR di dunia kesehatan Indonesia. Salah satunya adaah SDM kesehatan yang masih jadi tantangan. Hal ini terjadi karena penyebaran tenga kesehatan yang masih belum diatur dengan baik dan belum merata di seluruh Indonesia.

''Fakultas Kedokteran sekarang lebih dari 80, lulusan dokter 10 sampai 12 ribu sekarang hampir 15 ribu. Ini ngaturnya gimana, dulu ada Inpres (instruksi presiden), tapi kalau semua di-Inpreskan berapa biaya anggarannya juga? saya melihat 15 ribu ini harus diberdayakan, jika bersedia mereka untuk ditugaskan ke daerah,'' katanya.

Tak cuma itu, dalam satu tahun ada 4-5 ribu perawat yang lulus, namun keberlanjutannya masih belum pasti.

Dia juga berharap bahwa Kemenkes harus menyediakan fasilitas layanan kesehatan yang merata, menguatkan puskesmas, mendirikan RS Pratama untuk mengimbangi akses masyarakat dari daerah.

Setelah tak lagi menjabat sebagai Menteri Kesehatan RI mengaku akan lebih fokus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Dia berharap Menteri Kesehatan RI yang baru, --yaitu dr Terawan-- bisa melanjutkan 'perjuangannya.' (chs)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "PR Kesehatan untuk Menteri Terawan dari Nila Moeloek"

Post a Comment

Powered by Blogger.